Manajemen Layanan Teknologi Informasi
Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi Dalam
Perusahaan Grab
Grab(sebelumnya
dikenal sebagai GrabTaxi) adalah sebuah perusahaan asal Malaysia yang melayani
aplikasi penyedia transportasi dan tersedia di enam negara di Asia Tenggara,
yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Filipina. Grab
memiliki visi untuk merevolusi industri pertaksian di Asia Tenggara, sehingga
dapat memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pengguna kendaraan seantero
Asia Tenggara. Hingga bulan Maret 2015, jumlah pengguna Grab mencapai 3,8 juta
pengguna. Grab tersedia untuk sistem operasi Android, iOS, dan BlackBerry. Di
Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek, mobil, dan taksi
serta pengiriman barang, pembelian makanan, dan penyewaan mobil. Saat ini Grab
tersedia di 63 kota di seluruh Indonesia.
5 domain proces utama yang harus
diperhatikan, dalam memastikan terjadinya pelayanan berbasis teknologi
informasi yang handal, masing-masing adalah sebagai berikut :
1.      
Service
Strategy
2.      
Service
Design
3.      
Service
Transition
4.      
Service
Operation
5.      
Continual
Service Improvement
Service Strategy
Ø  Mengisyaratkan
setiap organisasi semacam perusahaan harus memiliki strategi pelayanan yang
menjadi panduan untuk setiap aktivitas ”services” yang terjadi dalam
organisasi. Strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut dan
perlu dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan organisasi usahanya dalam
memberikan layanan yang baik, oleh sebab itu perusahaan Grab mempunyai strategi
untuk melayani pelanggan dan mempermudah pelanggan untuk bepergian maupun
memesan makanan dengan aplikasi yang mereka(Grab) punya.
Service design 
Ø  Memperlihatkan
bagaimana organisasi merancang ekosistem (infrastruktur dan superstruktur).
Teknologi informasi untuk memenuhi atau melayani para pemangku kepentingannya.
Melalui desain ini, diharapkan terciptanya suatu lingkungan yang kondusif bagi
divisi teknologi informasi dalam memberikan layanan prima ke segenap individu,
kelompok, dan unit/divisi pengguna pada organisasi. Pada domain ini Grab
merancang sebuah aplikasi dimana pengguna dengan mudah mengoprasikan dan
memahami aplikasi Grab. Dan juga Grab merancang sebuah design agar aplikasi
Grab bisa dipakai semua kalangan yang mana user interfacenya mudah dimengerti. Sekarang
pelanggan bisa memesan Grab menggunakan aplikasi yang tersedia di android
maupun ios, kapan saja dan dimana saja pelanggan bisa memakai aplikasi online
ini.
Service Transition
Ø  Perubahan  menuju rancangan lingkungan pelayanan yang
diinginkan. Tahapan transisi ini harus dikawal dengan sebaik-baiknya agar
efektif dan tidak terjadi chaos. Di domain ini Grab menciptakan sebuah project
bernama GrabPay. GrabPay adalah metode non-tunai untuk membayar servis Grab.
Ada 2 cara memakai GrabPay, yaitu Isi saldo dan Kartu kredit/debit. Dengan
adanya GrabPay Transaksi tuntas tanpa repot mengeluarkan uang tunai dan
menunggu uang kembalian dari driver Grab.
Service Operation
Ø  Mendeskripsikan
secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses manajemen, yaitu
pengelolaan pelayanan itu sendiri pada tahap operasionalnya. Disinilah para
pelanggan internal maupun eksternal (pemangku kepentingan) akan mendapatkan
langsung manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi. Di dalam
Grab sendiri mempunyai customer service yang sangat memudahkan dan mengarahkan
apabila terjadi kesalahan pada aplikasi grab dan ada penilaian untuk si driver
Grab itu sendiri oleh pengguna aplikasi yang sudah menggunkaan jasanya.
Continual Service Improvement
Ø  Mengingatkan
perlunya dilakukan perbaikan berkesinambungan terus menerus dari masa ke masa.
Hal ini tidak saja berarti bahwa organisasi yang bersangkutan senantiasa
belajar dan selalu berkembang dari masa ke masa, namun mengandung makna bahwa
organisasi selalu siap menghadapi berbagai perubahan karena dinamika global.
Grab pun meningkatkan servicenya yaitu pada fitur tujuan saya/lokasi favorit, Fitur
terbaru dari Grab ini memudahkan Anda yang ingin mendapatkan pesanan dengan
arah atau tujuan sesuai dengan arah keinginan Anda. 
Komentar
Posting Komentar